Abstrak


Kajian Kuat Tekan dan Modulus Elastisitas Pada Beton Ringan Memadat Mandiri menggunakan Agregat Kasar Pecahan Genteng dengan Variasi Viscocrete


Oleh :
Firda Zulfa ‘aina - I0115043 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Beton kini telah mengalami perkembangan pesat dikarenakan beton merupakan salah satu bahan dasar dalam konstruksi bangunan, terbukti dengan beberapa inovasi jenis beton yang ada di Indonesia salah satunya adalah beton ringan memadat mandiri. Beton ringan memadat mandiri (Lightweight Self Compacting Concrete) adalah beton yang  mudah mengalir karena berat sendiri mengisi keseluruhan cetakan sehingga tidak diperlukan vibrator untuk pemadatan dan mempunyai berat jenis tidak lebih dari 2000 kg/m?3;, karena pada dasarnya beton ringan diperoleh dengan cara penambahan pori-pori ke dalam campuran betonnya. Pecahan genteng dapat digunakan sebagai agregat ringan karena genteng terbuat dari tanah liat yang dibakar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimental dengan parameter yang dikaji adalah kuat tekan beton, dan modulus elastisitas beton. Benda uji yang digunakan silinder dengan ukuran diameter 150 mm dan tinggi300 mm berjumlah 12. Pada penelitian ini Super plasticizer yang digunakan adalah Viscocrete 8050SG dengan kadar viscocrete 1,5% ; 1,75% ; 2% ; 2,25%.
Didapatkan hasil kuat tekan maksimum pada prosentaseviscocrete 2,25% sebesar35,84 MPa. Hasil modulus elastisitas maksimum menurut SNI 2847-2013 pada prosentasiviscocrete 2,25% sebesar 23295,42MPa.
Kata Kunci: Beton Ringan Memadat Mandiri, Kuat Tekan, Modulus Elastisitas, Pecahan Genteng, Viscocrete.