Abstrak


Sistem monitoring penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) puskesmas wilayah Surakarta (studi kasus: puskesmas Gilingan Surakarta)


Oleh :
Hefi Ratna Noferawati - M3116034 - Fak. MIPA

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, disebutkan bahwa Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan diwilayah kerjanya dan berfungsi menyelenggarakan UKM dan UKP tingkat pertama diwilayah kerjanya. Permasalahan yang terjadi yaitu sulitnya pemantauan/monitoring yang dilakukan oleh kepala puskesmas dan pihak Dinas Kesehatan dikarenakan informasi dan laporan yang diterima sering kali terlambat sehingga tidak dapat secara cepat mengetahui masalah yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan, dan menyebabkan lambatnya penyelesaian permasalahan.
Berdasarkan masalah tersebut diusulkan sebuah sistem berbasis komputer yang dapat digunakan sebagai pertimbangan pengambilan keputusan dalam mengendalikan dan melakukan monitoring terhadap kegiatan penyelenggaraan UKM Puskesmas. Indikator yang digunakan dalam memonitoring adalah waktu, scope kegiatan dan biaya. Sistem ini dirancang dengan konsep berorientasi objek dan desain system yang digambarkan menggunakan UML. Desain sistem tersebut diterapkan dalam lingkungan web yang berbasis PHP dan menggunakan basisdata MySQL.
Dan hasil akhir Sistem Monitoring Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas, yang bermanfaat untuk membantu memonitoring dan melaporkan perkembangan kegiatan.(fitur dan kendala)
Kata kunci : Monitoring, Progres Pelaksanaan kegiatan UKM, Sistem Informasi, Web, UML