Abstrak


Optimalisasi Penerapan Otomasi SLiMS (Senayan Library Management System) pada Ruang Baca Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS


Oleh :
Ivan Wahyu Ramadhan - K7515027 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui:(1)Optimalisasi penerapan sistem otomasi SLiMS di Ruang Baca Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS. (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam menerapkan sistem otomasi di Ruang Baca Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS. (3) solusi dalam menerapkan sistem otomasi di Ruang Baca Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS agar lebih maksimal.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan snow ball sampling. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, serta arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan otomasi SLiMS (Senayan Library Management System)di Ruang Baca Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta meliputi: pelayanan sirkulasi, sistem temu kembali (OPAC), adminstrasi anggota, pengolahan bahan pustaka. Hambatan yang dihadapi dalam penerapan SLiMS adalah kurangnya keahlian pengurus dalam penggunaan sistem otomasi SLiMS sehingga pemanfaatan sistem yang kurang maksimal, sarana dan prasarana yang kurang memadai. Seperti hanya tersedianya satu unit komputer, sedikitnya meja baca yang tersedia, dan keadaan ruangan yang kurang memadai. Ketersediaan bahan pustaka yang masih kurang baik dari segi jumlah maupun isi, upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah melakukan kegiatan pelatihan sistem otomasi SLiMS yang dilakukan oleh para pengurus ruang baca, melakukan perbaikan dan pengadaan sarana prasarana di ruang baca dengan pengajuan kepada pihak pusat melalui program studi, contohnya yang sudah dilakukan yaitu penambahan pendingin ruangan atau air conditioner (AC). Selain itu, juga meminta bantuan sumbangan dari alumni untuk menambah koleksi bahan pustaka.

Kata Kunci : otomasi, otomasi perpustakaan, SLiMS, ruang baca