Abstrak


Simulasi Untung Rugi Penggunaan Advance Payment Akibat Fluktuasi Kurs di PT Indo Veneer Utama


Oleh :
Febrian Tampan Pamungkas - F3114026 - Fak. Ekonomi dan Bisnis


ABSTRAK

    Perdagangan internasional berkaitan erat dengan transaksi pembayaran, sebagai akibat adanya berbagai macam transaksi ekonomi, seperti jual beli barang dan jasa, pemberian dan perluasan fasilitas kredit dalam rangka ekspor maupun impor. PT Indo Veneer Utama merupakan salah satu perusahaan ekspor furniture di Kabupaten Karanganyar. Pembayaran melalui advance payment merupakan pilihan PT Indo Veneer Utama dalam melakukan transaksi dengan importir. Salah satu upaya yang dapat ditempuh perusahaan ekspor maupun impor untuk melindungi penerimaan pendapatan akibat fluktuasi kurs dengan melakukan hedging. Selama menjalankan bisnisnya PT Indo Veneer Utama tidak melakukan perlindungan terhadap penerimaan pendapatan dari transaksi yang dilakukan.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mekanisme pembayaran, mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan sistem pembayaran dan  mensimulasikan hedging pendapatan PT Indo Veneer Utama melalui metode pembayaran advance payment. Melalui simulasi yang dilakukan maka akan diketahui apakah sistem pembayaran yang digunakan memberikan keuntungan atau kerugian.
    Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis berupa analisis data deskriptif studi kasus. Studi kasus merupakan penelitian yang dilakukan terhadap satu kasus secara intensif dan mendalam. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah didapat akan diolah, selanjutnya dideskripsikan dan disajikan dalam bentuk teks naratif serta penyajiannya juga berbentuk tabel dan gambar. Langkah terakhir yang dilakukan adalah mensimulasikan data berupa pendapatan perusaan yang sudah disajikan dengan hedging.
Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan metode pembayaran advance payment oleh perusahaan sudah tepat dibandingkan pembayaran secara tunai. Simulasi hedging yang dilakukan PT Indo Veneer Utama dapat melindungi perusahaan dari kerugian atau memaksimalkan keuntungan akibat fluktuasi kurs.

Kata Kunci : Untung Rugi, Advance Payment, Fluktuasi, Hedging