Abstrak


Perbandingan Hasil Identifikasi Bakteri Gram-Positif Menggunakan Biokimia Otomatis (Vitek® 2) dan Maldi-TOF MS (Vitek® MS) di RSUD Dr Moewardi Surakarta


Oleh :
Musthofa Chandra Ramabuana - G0015172 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang: Penyakit infeksi dapat disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan mikroorganisme lainnya. Pewarnaan Gram membagi bakteri menjadi dua jenis besar yaitu bakteri Gram-positif dan bakteri Gram-negatif. Infeksi oleh karena bakteri Gram-positif memiliki manifestasi klinis berat seperti  abses, kekakuan, sepsis, dll. ). Maka dari itu diperlukan uji identifikasi yang cepat dan akurat sebagai upaya mempercepat diketahuinya bakteri penyebab infeksi. Saat ini uji identifikasi yangbanyak digunakan adalah metode biokimia otomatis(VITEK® 2). Salah satu keterbatasan alat ini adalah jumlah database yang masih terbatas.Selain keterbatasan tersebut, peningkatan jumlah pasien menyebabkan diperlukan metode identifikasi yang lebih cepat, murah, dan akurat. Oleh karena itu, saat ini mulai dikembangkan penggunaan metode MALDI-TOF MS.Berdasarkan hal tersebut, perlu diteliti  perbandingan hasil identifikasi bakteri Gram-positif menggunakan metode biokimia otomatis (VITEK® 2) dan MALDI-TOF MS (VITEK® MS).
Metode:Penelitian ini bersifat eksperimental analitik menggunakan metodecross sectional. Subjek dalam penelitian ini adalahisolat bakteri Gram-positifdi Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUD Dr. Moewardi pada November 2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Consequtive Sampling yang berjumlah 31 isolat. Data yang didapat dianalisis menggunakan Chi-Square.
Hasil:Berdasarkan hasil analisis dataidentifikasi Bakteri Gram-positif menggunakan biokimia otomatis (VITEK® 2) dan MALDI-TOF MS (VITEK® MS) didapatkannilai p = 0,046. Biaya serta durasi metode biokimia otomatis (VITEK® 2) adalah Rp. 118.250,- dan 1,8 Jam, sementara biaya serta durasi metode MALDI-TOF MS (VITEK® MS) adalah Rp.53.215,- dan 1,25 menit.

Simpulan:Terdapat perbedaan signifikan hasil identifikasi Bakteri Gram-positif Menggunakan Biokimia Otomatis (VITEK® 2) dan MALDI-TOF MS (VITEK® MS), dimana metode MALDI-TOF MS membutuhkan biaya pemeriksaan yang lebih murah serta durasi yang lebih cepat.
    
Kata Kunci: identifikasi bakteri Gram-positif, biokimia otomatis, MALDI-TOF MS