Abstrak


Pengembangan tes kompetensi membaca untuk mahasiswa asing program darmasiswa dan KNB dengan pendekatan komunikatif


Oleh :
Laili Etika Rahmawati - T841408004 - Pascasarjana

ABSTRAK
    Tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran BIPA, khususnya Program Darmasiswa dan KNB. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengekplorasi karakteristik tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing program Darmasiswa dan KNB; 2) menganalisis kebutuhan mahasiswa asing dan penyelenggara program Darmasiswa dan KNB terhadap tes kompetensi berbahasa Indonesia; dan 3) mengembangkan tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing program Darmasiswa dan KNB.
    Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Evaluation, dan Implementation). Tahap analisis dilakukan untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua. Strategi yang diterapkan dalam tahap ini adalah deskriptif eksplanatori. Luaran penelitian tahap ini ada dua, yaitu: (1) deskripsi yang komprehensif tentang kondisi tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing program Darmasiswa dan KNB yang selama ini digunakan; (2) gambaran kebutuhan mahasiswa dan penyelenggara program Darmasiswa dan KNB sebagai dasar pengembangan tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing. Tahap Pengembangan terdiri atas empat tahap, yaitu desain, pengembangan, evaluasi dan implementasi.  Strategi yang digunakan dalam penelitian tahap pengembangan adalah Criterion-referenced Language Test Development (CRLTD) Workshop. Luaran dari tahap pengembangan ini adalah produk tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing yang dikembangkan berdasarkan tujuan tes dan deskripsi kriteria bahasa target serta rincian tugas yang harus dikerjakan berdasarkan validitas konstruk.
    Hasil penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut: (1) Tes kompetensi menyimak, berbicara, dan menulis untuk mahasiswa asing program Darmasiswa dan KNB dilaksanakan secara integratif. Tes kompetensi membaca masih bersifat diskret, belum sesuai dengan pendekatan komunikatif; (2) Kebutuhan terhadap tes kompetensi berbahasa Indonesia untuk mahasiswa asing program Darmasiswa dan KNB dibedakan atas dua kebutuhan, yaitu kebutuhan mahasiswa dan kebutuhan penyelenggara. Mahasiswa asing program Darmasiswa dan KNB menyatakan bahwa mereka membutuhkan tes membaca yang memosisikan mereka sebagai pembelajar dewasa dan bahan bacaan dalam tes yang disajikan memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang budaya Indonesia. Penyelenggara program Darmasiswa dan KNB menyatakan bahwa perlu adanya tes membaca dengan pendekatan komunikatif yang mengacu pada standardisasi program BIPA yang sesuai dengan deskripsi umum dan kompetensi dasar. (3) Tes kompetensi membaca untuk mahasiswa asing program Darmasiswa dan KNB mengacu pada deskripsi umum dan kompetensi dasar BIPA 1, BIPA 2, BIPA 3, BIPA 4, BIPA 5, BIPA 6, dan BIPA 7 yang disajikan dalam standar kompetensi lulusan (SKL) Kursus dan Pelatihan BIPA yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan dan Pelatihan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.   


Kata kunci: TES, KOMPETENSI, BERBAHASA INDONESIA, MAHASISWA ASING, PENDEKATAN KOMUNIKATIF