Abstrak


Nilai Historis Komplek Makam Sunan Kudus sebagai Bahan Pengembangan Sumber Belajar Sejarah Lokal


Oleh :
Dedik Agus Indra. F - K4410009 - Fak. KIP


ABSTRAK


Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui: (1) Sejarah berdirinya Komplek Makam Sunan Kudus, (2) Struktur Bangunan dan Fungsi Komplek Makam Sunan Kudus, (3) Nilai-nilai Sejarah yang terkandung dalam Komplek Makam Sunan   Kudus yang dapat dijadikan sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal, (4) Peran Pemerintah untuk memfasilitasi Peserta Didik dalam memanfaatkan Komplek Makam Sunan Kudus sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal.
Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu cara dalam meneliti suatu peristiwa dengan menghasilkan data-data deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan time sampling. Dalam  penelitian   ini   untuk   mencari   validitas   data   digunakan   dua  teknik trianggulasi yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, yaitu teknik analisis yang bergerak di antara tiga komponen yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan: (1)  Sejarah berdirinya Komplek Makam Sunan Kudus merupakan bentuk usaha Sunan Kudus untuk  menyebarkan  agama  Islam  di  Kota  Kudus  yang  menggunakan  cara akulturasi budaya antara ajaran Islam dan Hindhu (2) Struktur bangunan Komplek makam Sunan Kudus terdiri dari beberapa bangunan dan memiliki fungsi masing- masing seperti Menara yang berfungsi sebagai tempat menaruh bedug dan adzan, Masjid  yang  berfungsi  sebagai  tempat  beribadah  umat  Islam,  dan  Makam berfungsi sebagai tempat berziarah, bangunan-bangunan tersebut terdapat dalam satu area. (3) Nilai-nilai yang terdapat dalam bangunan Komplek Makam Sunan Kudus memberi banyak pemebelajaran bagi peserta didik tentang berbagai hal seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya. (4) Pemerintah Kabupaten Kudus memiliki peran dalam memfasilitasi peserta didik untuk memanfaatkan Komplek Makam Sunan Kudus sebagai sumber pembelajaran sejarah dengan cara bekerja sama dengan YM3SK yaitu  memberikan informasi yang  lengkap dan interaktif kepada peserta didik, membuat buku, blog dan video tentang Komplek Makam   Sunan   Kudus,   mendirikan   museum,   bekerja   sama   dengan   dinas pendidikan Kabupaten Kudus.


Kata kunci : Nilai-nilai Historis, Sumber Belajar, Sejarah Lokal, Komplek Makam
Sunan Kudus.