Abstrak


Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web SMK Tekno-Sa Surakarta


Oleh :
Kholifa Artikatama - K3513031 - Fak. KIP

ABSTRAK


Tujuan  penelitian  ini  adalah  (1)  Terciptanya  Sistem  Informasi Perpustakaan Berbasis Web sebagai media pendata pengunjung dan pencatat transaksi perpustakaan. (2) Mengetahui tingkat kelayakan dari Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web dalam transaksi perpustakaan oleh pengguna.

Dalam   penelitian   ini   menggunakan   metode   penelitian    Waterfall. Kemudian untuk pengumpulan datanya, penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode literatur/kepustakaan, metode black box, dan yang terakhir adalah metode kuisioner. Penilaian sistem dilakukan oleh ahli sistem, ahli substansi, dan anggota perpustakaan SMK Tekno-SA Surakarta.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan, pada penilaian oleh ahli sistem menunjukkan hasil
89. Penilaian dari pustakawan menunjukkan hasil 94. Penilaian dari anggota perpustakaan mendapatkan hasil 88. Keseluruhan dari penilaian tersebut berada pada rentang 81,01-100, sehingga sistem ini dikategorikan sangat layak untuk digunakan.

Berdasarkan  penelitian  yang telah  dilakukan  melalui  beberapa metode, didapatkan beberapa kelebihan dari sistem ini anatar lain : 1) Dalam sistem informasi ini disediakan fitur absensi pengunjung perpustakaan; 2) Dalam sistem informasi ini disediakan  fasilitas permintaan pengadaan buku baru; 3)  Sistem informasi ini mampu diakses dari berbagai jenis peramban yang terhubung dengan internet; 4) Dalam sistem informasi ini diberikan fasilitas cetak laporan peminjaman, laporan keterlambatan, laporan denda, dan laporan pengunjung perpustakaan dengan format yang sesuai; 5) Dalam sistem informasi ini diberikan fasilitas cetak surat bebas perpustakaan sebagai syarat dalam menyelesaikan administrasi perpustakaan; 6) Dalam sistem informasi ini disediakan  tampilan antar  muka  yang  mudah  dipahami  oleh  pengguna;  7)  Scan  barcode  dapat digunakan dalam sistem informasi ini. Sedangkan sistem ini juga memiliki kekurangan, antara lain : 1) Sistem informasi ini memberikan fitur yang kurang lengkap dibandingkan dengan SLiMS; 2) Dalam pengaturan jumlah denda masih menggunakan jumlah nominal denda yang sama; 3) Dalam pengaturan lama peminjaman masih  menggunakan  lama peminjaman  yang sama pada tiap-tiap buku.

Kata kunci : Sistem Informasi Perpustakaan, Sistem Berbasis Web.