Abstrak


Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Tipe Perusahaan Dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Jakarta Islamic Index


Oleh :
Handy Dito Sulistyanto - F1314145 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Tipe Perusahaan, Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Jakarta Islamic Index

HANDY DITO SULISTYANTO

NIM: F1314145

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, tipe perusahaan, dan umur perusahaan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Jakarta Islamic Index (JII). Pengungkapan ISR diukur dengan cara memberi nilai pada indeks ISRyang diperoleh dari hasil content analysis.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam JII periode 2011-2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode puposive sampling dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 12perusahaan dengan 60annual report. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari annual report.

Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji dari regresi berganda menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan ISR. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan ISR. Variabel lainnya, yakni umur perusahaan berpengaruh positif terhadap ISR, sedangkantipe perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR.