A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: controllers/Dokumen.php

Line Number: 1685

Backtrace:

File: /home/digilib/web/digilib.uns.ac.id/public_html/application/controllers/Dokumen.php
Line: 1685
Function: _error_handler

File: /home/digilib/web/digilib.uns.ac.id/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Abstrak | Implementasi Algoritma Apriori untuk Menganalisa Pola Data Awal Siswa dengan Nilai Ujian Akhir Siswa dan Kemampuan Agamanya. (Studi Kasus: SMPIT Nur Hidayah Surakarta)

Abstrak


Implementasi Algoritma Apriori untuk Menganalisa Pola Data Awal Siswa dengan Nilai Ujian Akhir Siswa dan Kemampuan Agamanya. (Studi Kasus: SMPIT Nur Hidayah Surakarta)


Oleh :
Ahmad Nur Arifin - M0511003 - Fak. MIPA

ABSTRAK


Setiap tahunnya SMPIT Nur Hidayah menerima dan meluluskan siswa yang jumlahnya tidak sedikit. Data tersebut akan semakin bertambah dan tidak memiliki nilai yang strategis apabila tidak dianalisa secara maksimal.   Dalam penelitian ini mencari pola-pola menarik dalam data tersebut sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Dalam penelitian ini digunakan data mining, menggunakan metode Association  Rule  Mining  dengan  Algoritma  Apriori  digunakan  untuk mendapatkan pola hubungan antara keadaan orang tua dan nilai anak. Data yang digunakan  merupakan  data  orang  tua  dan  data  siswa  angkatan  2012,  ketika mereka masuk dan lulus dari sekolah.
Dari penelitian ini Ada 53 rule yang terbentuk, yang terdiri dari 50 rule yang confidencenya mulai dari 0,7 sampai dengan 0,8 dan tiga rule diatas 0,8 dengan consequent PAI A, PAI B, UAN A dan UAN B. Setelah dilakukan eliminasi diperoleh 19 rule yang consequent-nya terkait PAI dan 23 rule yang consequent-nya terkalit UAN. Dengan network analysis diperoleh informasi sebagai berikut: 1) bila dilihat dari nodenya pendidikan ibu B dan PAI B merupakan atribut yang banyak kemunculannya dan dominan dalam rule yang muncul. 2) Kemudian dilihat dari kuat edgenya diperoleh hubungan yang dominan dalam rule yang ada, diantaranya PAI_B dengan Laki-laki, Pendidikan ibu B dengan UAN_A, Baca Qur’an Ayah B dengan UAN_A,  Perempuan dengan UAN A, Asal SD A dengan UAN A, jarak B dengan Asal SD A, Gaji orang tua B dengan Perempuan.
Kata kunci  – Apriori,  Association Rule, Data Orang Tua, Data Siswa,  Data

Mining