Abstrak


Formulasi dan Evaluasi Sediaan Masker Peel-Off Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum basilicum L.) dengan Variasi Konsentrasi PVA sebagai Gelling Agent


Oleh :
Ayuningtiyas Dian Puspita - M3514010 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Masker peel-off merupakan sediaan kosmetik untuk mengatasi masalah pada wajah seperti jerawat yang salah satunya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus dan salah satu tanaman yang mempunyai aktivitas antibakteri yaitu daun kemangi (Ocimum basilicum L.). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konsentrasi PVA terhadap evaluasi fisik dan kimia.
Ekstraksi daun kemangi menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol  96%  teknis.  Ekstrak  daun  kemangi  kemudian  diformulasikan  dengan variasi konsentrasi PVA 8%, 10%, dan 12%. Evaluasi sifat fisik dan kimia yang dilakukan yaitu uji organoleptis, uji homogenitas, uji daya lekat, uji daya sebar, uji pH, dan uji waktu mengering selama empat minggu. Data yang diperoleh dianalisis secara teoritis dan secara statistik menggunakan SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi konsentrasi PVA (8%, 10%,
12%) sebagai gelling agent berpengaruh signifikan terhadap konsistensi, daya lekat, daya sebar, pH, dan waktu mengering masker peel-off. Konsentrasi PVA yang memiliki evaluasi fisik dan kimia paling baik yaitu PVA 8?ngan konsistensi cukup kental, daya lekat 23,63±0,159 detik, daya sebar 5,26±0,24 cm, pH 6,51±0,01, dan waktu mengering 27,92±0,246 menit.


Kata kunci : Masker peel-off, Ocimum basilicum L., PVA