Abstrak


Estimasi Eror Standar Parameter Regresi Logistik Menggunakan Metode Bootstrap pada Data Pasien Hiperkolesterolemia di Balai Laboratorium Kesehatan Yogyakarta


Oleh :
Fransiska Grase Septyanti Widodo - M0112037 - Fak. MIPA

ABSTRAK

 

Regresi logistik merupakan analisis regresi untuk mengetahui hubungan antara variabel respon yang memiliki dua kemungkinan nilai dengan beberapa variabel prediktor. Metode yang digunakan untuk mengestimasi parameter regresi logistik adalah metode maximum likelihood estimation (MLE). Metode ini akan menghasilkan estimasi yang baik dari parameternya jika hasil estimasinya mempunyai eror standar yang kecil.
Pada suatu penelitian, ciri data yang baik harus dapat mewakili   populasinya.   Apabila   sampel   data   yang   diambil ukurannya kecil maka dapat menimbulkan nilai eror standar yang besar. Bootstrap merupakan suatu metode resampling yang dapat digunakan untuk memperoleh estimasi yang baik berdasarkan sampel data kecil. Data yang berukuran kecil akan dilakukan resampling sehingga dapat mewakili populasinya untuk memperoleh eror standar yang minimal.
Metode ini diterapkan pada data status pasien hiperkolesterolemia di Balai Laboratorium Kesehatan Yogyakarta dan setelah dilakukan bootstrap, eror standar yang dihasilkan nilainya lebih kecil dibanding sebelum dilakukan resampling bootstrap.

Kata  Kunci  :  regresi  logistik,  maximum  likelihood  estimation, bootstrap, eror standar.