Abstrak


Manajemen pengerahan dan pelestarian pendonor di palang merah Indonesia kota Surakarta


Oleh :
Dewi Sulistyowati - D0114035 - Fak. ISIP


Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan manajemen  pengerahan dan pelestarian pendonor di Palang Merah Indonesia Kota Surakarta. Kegiatan pengerahan dan pelestarian pendonor merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Petugas Pencari dan Pelestari Pendonor di Palang Merah Indonesia yang mana dengan adanya kegiatan pengerahan dan pelestarian tersebut, P2D2S akan melakukan perekrutan dan pembinaan kepada para pendonor darah sukarela, sehingga terjadi peningkatan jumlah ketersediaan darah, peningkatan pengetahuan masyarakat tentang donor darah, dan bertambahnya kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi sebagai Donor Darah Sukarela (DDS). Penelitian ini merupakan penelitian  deskriptif  dengan  pendekatan  kualitatif.  Data  yang  dikumpulkan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Penentuan sumber data menggunakan snowball sampling. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Penelitian ini menganalisis manajemen pengerahan dan pelestarian pendonor dengan aspek manajemen dari George R. Terry yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengerahan dan pelestarian pendonor di Palang Merah Indonesia Kota Surakarta sudah memenuhi seluruh  aspek  manajemen,  penelitian  ini  sudah  mengkaji  bahwa  PMI  Kota
Surakarta  sudh  melaksanakan  proses  perencanaan,  pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Perencanaan pengerahan dan pelestarian terbagi menjadi  penentuan  tujuan,  penetapan  sasaran,  penentuan  kegiatan,  penentuan tolak ukur keberhasilan dan penyusunan anggaran. Pengorganisasian dilakukan melalui adanya proses pembagian pekerjaan dan pelimpahan wewenang serta koordinasi. Penggerakkan dilakukan melalui adanya aspek motivasi, pengarahan, kepemimpinan,  komunikasi,  dan  penilaian  dan  pengembangan.  Pengawasan dilihat dari berbagai langkah diantaranya mengukur hasil, membandingkan hasil, dan mengoreksi penyimpangan. Meskipun demikian, namun pada pelaksanaannya masih ditemukan kendala pada aspek perencanaan terkait hambatan memenuhi keberhasilan dan pada aspek pengorganisasian yang berkaitan dengan pembagian tugas terkait masalah SDM yang terbatas.

Kata Kunci : Manajemen, Pengerahan dan Pelestarian Pendonor, PMI Kota
Surakarta