Abstrak


Pelaksanaan Klausul Take Or Pay dalam Perjanjian Kerjasama Rehabilitasi, Peningkatan Kapasitas, Operasi dan Pemeliharaan Instalasi Pengolahan Air Minum Cikokol, Tangerang


Oleh :
Binnur Hidayat Sakti - E0013087 - Fak. Hukum

 

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan kerjasama antara Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (PDAM TKR) dam PT Tirta Kencana Cahaya Mandiri (PT. TKCM) dibidang pengolahan air minum bagi masyarakat  dalam pelaksanaannya menggunakan klausul take or pay.
Penelitian ini termasuk penelitian hukum empiris    bersifat deskriptif, jenis pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Jenis  dan  sumber  data  penelitian  ini  meliputi  data  primer  dan  data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian yaitu di PDAM TKR Dan PT TKCM. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh melalui kepustakaan. Teknik pengumpulan data melalui studi lapangan dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan perjanjian antara PDAM TKR dan PT TKCM terjadi sebuah kendala, yang terjadi adalah pihak PDAM TKR tidak mampu untuk menyerap air dari hasil
olahan PT TKCM sesuai dengan ketentuan diawal yang menyebabkan air tersebut terbuang dan merugikan PT TKCM , kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan kendala tersebut para pihak menyepakati untuk menyelesaikannya dengan cara alternative dispute melalui Panel Arbitrase dimana panel arbitrase mengabulkan sebagian tuntutan dari pihak PT. TKCM tentang penyerpan dan pembayaran serta para pihak sepakat untuk melakukan renegosiasi kontrak. Diharapkan kedua belah pihak untuk memepertimbangkan  penggunaan  klausul  take  or pay dalam  perjanjian kerjasamanya.

Kata Kunci : perjanjian, Instalasi Pengolahan Air, take or pay,alternative disputes