Abstrak


Implementasi Pengawasan Peredaran Obat Illegal dalam Rangka Perlindungan terhadap Konsumen oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (Bbpom) Yogyakarta


Oleh :
Iklima Nurul Fatin - E0013225 - Fak. Hukum


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan terhadap peredaran obat illegal di Kota Yogyakarta. Selain itu juga ingin mengetahui peran BBPOM dalam memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris atau sosiologis yang bersifat deskriptif. Adapun data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari responden melalui wawancara, serta data sekunder yaitu data yang diperoleh dari literatur serta penelitian yang terdahulu. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis yaitu disamping mengumpulkan dan menyusun data juga berusaha menjelaskan, menganalisis, dan memberikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dengan pegawai BBPOM  Yogyakarta.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan maupun peran BBPOM Yogyakarta telah melakukan berbagai upaya dalam rangka melindungi konsumen dari bahayanya peredaran obat secara illegal di pasaran dan meminimalisir segala bentuk upaya peredaran obat secara illegal oleh pelaku usaha dengan melakukan berbagai bentuk penyuluhan maupun metode pencegahan dan pemberian pengetahuan kepada masyarakat untuk lebih berhati hati dalam mengkonsumsi maupun membeli berbagai jenis produk obat di pasaran. Hal ini dapat dilihat dengan minimnya peredaran obat illegal yang beredar di pasaran Yogyakarta dari tahun ke tahun.
Kata Kunci : Pengawasan, Obat Illegal, Konsumen