Abstrak


Analisis Respon Lapisan Tanah Terhadap Gempa di Kota Surakarta


Oleh :
Yusuf Cahyo Nogroho - I 0115119 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Surakarta merupakan salah satu kota padat penduduk yang ada di Indonesia dengan tingkat seismisitas tinggi, namun memiliki riwayat studi mikrozonasi seismik yang tergolong rendah. Studi mikrozonasi seismik sangat penting dilakukan guna mengurangi dampak dari bahaya yang disebabkan oleh gempa. Salah satu langkah dari studi tersebut adalah evaluasi perambatan gelombang seismik dari batuan dasar ke permukaan atau disebut seismic ground response analysis.
Pada Penelitian ini dilakukan analisis seismic ground response kota Surakarta menggunakan software DEEPSOIL V7 dengan model tanah sedalam 30 m dan getaran gempa kala ulang 500 tahun dan 2500 tahun. Analisis ini dimaksudkan untuk mengetahui nilai faktor kelas situs (FPGA) dan sebaran nilai peak surface acceleration (PSA) yang difokuskan pada kelas situs gempa SC (tanah keras), SD (tanah sedang) dan SE (tanah lunak) yang merupakan kelas situs gempa di kota Surakarta.  
Hasil analisis menunjukkan besarnya FPGA untuk kelas situs SC, SD dan SE dengan gempa kala ulang 500 tahun secara berturut-turut adalah 1.41, 1.27 dan 0.71, sedangkan untuk gempa kala ulang 2500 tahun adalah 1.1, 1.01 dan 0.59. Sebaran nilai PSA tinggi dijumpai di wilayah bagian barat, sedangkan sebaran nilai PSA rendah dijumpai di wilayah bagian timur kota Surakarta. Hasil ini menunjukkan adanya korelasi positif antara persebaran nilai N ?, V ?_S, dan PSA.
Kata Kunci: seismic ground response,FPGA, PSA