Abstrak


Penerapan model discovery learning dengan media kartu domino dalam peningkatan pembelajaran penjumlahan pecahan pada siswa kelas iv SD Negeri Ampelsari tahun ajaran 2016/2017


Oleh :
Awalus Sa’diyah - K7113505 - Fak. KIP

ABSTRAK


Awalus Sa’diyah. PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KARTU DOMINO DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI AMPELSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2017.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dengan media kartu domino dalam peningkatan pembelajaran penjumlahan pecahan, (2) meningkatkan pembelajaran penjumlahan pecahan melalui penerapan model Discovery Learning dengan  media kartu domino, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Discovery Learning dengan media kartu domino dalam peningkatan pembelajaran penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Ampelsari tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Data berasal dari guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non-tes (observasi dan wawancara). Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistic deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model Discovery Learning dengan media kartu domino dilaksanakan dengan langkah-langkah : (a) stimulation, (b) problem statement, (c) data collection, (d) data processing, (e) verification, (f) generalization, (g) evaluation. (2) penerapan model Discovery Learning dengan media kartu domino dapat meningkatkan pembelajaran penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Ampelsari tahun ajaran 2016/2017. (3) kendala dalam penelitian ini adalah kerja sama antar anggota kelompok kurang terlihat dan siswa kesulitan dalam membandingkan hasil berdasarkan hipotesis dan berdasarkan permainan kartu domino. Solusi yang dilakukan yaitu siswa dibimbing dalam melaksanakan diskusi kelompok, dan siswa dibimbing dalam membandingkan hasil berdasarkan hipotesis dan berdasarkan permainan kartu domino.
Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Discovery Learning dengan media kartu domino dapat meningkatkan pembelajaran penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Ampelsari tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci : Discovery Learning, Media Kartu Domino, Pembelajaran, Pecahan