Abstrak


Pengaruh penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) terhadap kinerja guru SMA Assalaam Sukoharjo


Oleh :
Tsabitah Bidayati El-rahmah - K7412195 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Assalaam Sukoharjo. Tidak terdapat sampel karena seluruh populasi guru yang berjumlah 46 guru dijadikan sebagai objek penelitain. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket. Analisis data uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas, uji linearitas, dan heteroskodastisitas serta pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana, uji F dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MBS (X) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru (Y) pada guru SMA Assalaam Seukoharjo. Hal ini dapat diketahui melalui uji t yang menunjukkan bahwa t hitung (6,315) > t tabel (2,015) sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan MBS berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru pada guru SMA Assalaam Sukoharjo. Nilai R Square sebesar 0,250 menunjukkan adanya pengaruh penerapan MBS terhadap kinerja guru pada guru SMA Assalaam Sukoharjo sebesar 25% sedangkan sisanya 75% ditentukan oleh faktor lain di luar penelitian ini. Sedikitnya kontribusi penerapan MBS terhadapan kinerja guru disebabkan oleh kurang maksimalnya penerapan MBS sehingga berpengaruh terhadap rendahnya guru.

Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Kinerja Guru