Abstrak


Pengaruh Internal Individu, Lingkungan Eksternal, dan Brand Activation terhadap Pengambilan Keputusan Penonton ke Festival Film (Studi Korelasi Internal Individu, Lingkungan Eksternal, dan Brand Activation terhadap Keputusan Penonton untuk Datang ke Pesta Film Solo #9: Dentum Montase)


Oleh :
Dina Rezky Nurilawati - D1217012 - Fak. ISIP

Abstrak

Film merupakan salah satu media massa yang digunakan sebagai sarana hiburan dan juga berperan sebagai sarana modern yang digunakan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. Tiga subsektor film yaitu produksi, distribusi dan eksebisi melahirkan arus baru di bidang apresiasi film. Penonton memiliki peranan penting dalam industri film baik komersil maupun alternatif. Menjamurnya keberadaan layar alternatif berupa festival film saat ini beriringan dengan ketertarikan penonton untuk menonton film di jalur eksebisi mandiri. Festival Film dirasa dapat menembus segmentasi penonton yang berbeda. Salah satu komunitas film di Solo yang berasal dari UKM dan konsisten menyediakan layar alternatif berupa festival film adalah Kine Klub FISIP UNS yang menggelar Pesta Film Solo sejak tahun 2009. Penonton sebagai konsumen memiliki faktor-faktor lain yang menjadi penentu individu dalam memilih keputusan untuk datang ke festival film. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari internal individu, lingkungan eksternal, dan brand activation terhadap pengambilan keputusan penonton untuk datang ke Pesta Film Solo #9: Dentum Montase. Penelitian ini menggunakan teori consumer behavior yaitu pengambilan keputusan konsumen. Komponen inti dari model keputusan konsumen ini adalah consumer decision making yang merupakan proses menerima, mengevaluasi informasi merk produk tertentu. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan melibatkan 100 responden yang merupakan penonton dari Pesta Film Solo #9: Dentum Montase. Data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan metode confirmatory factor analysis (CFA) dengan metode penghitungan menggunakan partial least square menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0. Hasilnya menunjukkan bahwa internal individu, lingkungan eksternal, dan brand activation berpengaruh terhadap pengambilan keputusan penonton untuk datang ke Pesta Film Solo #9: Dentum Montase.

Kata Kunci : Festival Film, Consumer Decision Making, Internal Individu, Lingkungan Eksternal, Brand Activation, Kine Klub FISIP UNS, Pesta Film Solo