Abstrak


Performa Pendinginan Immersion Cooling Menggunakan Mineral Oil Pada Server Rackmount Tipe 1u


Oleh :
Ilham Wahyu Kuncoro - K2515039 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan immersion cooling box menggunakan mineral oil terhadap suhu CPU, suhu fluida pada inlet dan outlet dan daya listrik pada server rackmount tipe 1U dengan menggunakan metode taguchi.

Perkembangan penggunaan internet dunia terus meningkat dari waktu ke waktu. Tercatat bahwa 46% populasi dunia telah menjadi pengguna internet dan menghasilkan lalu lintas data 8 zetta bytes setiap hari. Peningkatan ini telah memicu pertumbuhan infrastruktur pusat data sebagai sistem pemrosesan, penyimpanan, dan komunikasi di dunia digital. Pusat data itu sendiri telah menyumbang 1,5?ri total konsumsi listrik dunia dan diperkirakan akan terus meningkat. Dengan proporsi penggunaan energi di pusat data, ia mencakup 52% energi listrik untuk peralatan teknologi informasi (TI), 38% untuk pendinginan dan 10% untuk peralatan pendukung. Salah satu masalah yang dihadapi oleh data center adalah pendinginan komponen teknologi informasi (TI) yang relatif besar dalam energi. Pendinginan immersion menjadi salah satu solusi dari permasalahan  dalam hal penggunaan energi data center. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan Design Of Experiment (DOE) metode taguchi, dengan menggunakan orthogonal array L8 (2^3) yaitu 3 variabel bebas dengan 2 level. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah flowrate yaitu 3 lpm dan 6 lpm, konfigurasi inlet-outlet yaitu A-C dan B-D, dan yang terakhir konfigurasi penggunaan kipas 400 rpm dan 800 rpm. Adapun variabel yang diteliti dari penelitian ini adalah suhu CPU, suhu inlet, suhu outlet, dan pemakaian daya listrik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konfigurasi penggunaan kipas mempunyai pengaruh signifikan pada penurunan temperatur CPU, suhu outlet, pemakaian daya listrik server, dengan tingkat kepercayaan 90%. Tingkat kontribusi penggunaan kipas terhadap masing-masing variabel terikat adalah sebagai berikut, 71,27864% terhadap temperatur CPU, 39,37324%  terhadap temperatur inlet, 75,03397 terhadap pemakaian daya listrik.

 

Kata kunci: Konsumsi Listrik, Metode Pendinginan, Pendinginan Perendaman, Metode Taguchi