Abstrak


Prinsip Partisipasi Masyarakat dalam Memberikan Izin Lingkungan kepada PT. Ultratech Mining Indonesia di Kabupaten Wonogiri


Oleh :
Ikhwan Tamtomi - E0015184 - Fak. Hukum

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prinsip partisipasi masyarakat sudah diterapkan dalam proses pemberian izin lingkungan kepada PT. Ultratech Mining Indonesia di Kabupaten Wonogiri.
Penelitian hukum ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan undang-undang (statute approach). Jenis data yang digunakan adalah jenis data sekunder. Sumber data yang digunakan meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi kepustakaan. Teknik analisis bahan hukum menggunakan metode silogisme melalui pola pemikiran deduktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan kesimpulan. Kesatu, pelaksanaan pemberian izin lingkungan kepada PT. Ultratech Mining Indonesia di Kabupaten Wonogiri belum memenuhi prinsip partisipasi masyarakat. Kedua, dalam peraturan perundang-undangan terkait izin lingkungan sudah memenuhi prinsip partisipasi masyarakat.
Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Hukum Linkungan, Izin Lingkungan, Kabupaten Wonogiri