Abstrak


Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komputasi pada Materi Trigonometri ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Gemolong Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Wiworo - K1315058 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan pemahaman konsep (PK) dan keterampilan komputasi (KK) pada materi trigonometri yang lebih baik, model pembelajaran Think Pair Share (TPS) atau model pembelajaran langsung, (2) manakah yang menghasilkan PK dan KK pada materi trigonometri yang lebih baik, siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang, atau rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang menghasilkan PK dan KK pada materi trigonometri yang lebih baik, siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang, atau rendah, (4) pada masing-masing kategori aktivitas belajar, manakah yang menghasilkan PK dan KK pada materi trigonometri yang lebih baik, model pembelajaran TPS atau model pembelajaran langsung.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Gemolong tahun ajaran 2018/2019. Sampel dipilih melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes PK dan KK pada materi trigonometri serta angket aktivitas belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi multivariat dua jalan dengan sel tak sama dengan rancangan faktorial 2 ×3.