Abstrak


Peningkatan Kualitas Dan Kuantitas Pertanyaan dan Pernyataan Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi Kelas XI MIA 3 di SMA Negeri 2 Surakarta


Oleh :
Luh Putu Third August Yuniarosetami - K4312037 - Fak. KIP

Abstrak
Penelitian bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanyaan dan pernyataan peserta didik melalui penerapan model problem based learning pada pembelajaran biologi. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus dengan objek penelitian peserta didik kelas XI MIA 3 SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajar 2015/2016. Hasil observasi prasiklus menunjukan pertanyaan dan pernyataan yang muncul 1 pertanyaan dan 16 pernyataan. kualitas pertanyaan dan pernyataan berasa pada dimensi pengetahuan factual C1. Berdasarkan hasil observasi, menunjukan rendahnya kualitas dan kuantitas pertanyaan dan pernyataan peserta didik, sehingga perlu adanya peningkatan dengan penerapan model pembelajaran problem based learning.
Penelitian yang dilakukan termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus kegiatan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan tektik tirangulasi dan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Analisis data kualitas pertanyaan dan pernyataan menggunakan Taksonomi Bloom Terevisi. Analisis data kuantitatif pertanyaan dan pernyataan berdasarkan jumlah yang muncul.
Hasil penelitian menunjukan kualitas pertanyaan pada siklus I,II, dan III secara berurutan terdeteksi FC1, FC3, FC4, KC1, KC2; FC1, FC2, KC1, KC2, KC3, PC2; KC2, PC2, MC2. Pada pernyataan secara berutuan FC1, FC2, KC1, KC2, KC4, PC2; FC1, FC2, KC1, KC2; FC1, FC2, FC3, KC2, KC4, PC2. Kuantitas pertanyaan pada siklus I, II, dan III secara berutuan sebanyak 27, 28, dan 17. Pada pernyataan secara berurutan 71, 81, 90.
Kesimpulan dari hasil penelitian adanya peningkatan kualitas dan kuantitas pertanyaan dan pernyataan peserta didik melalui penerapan model problem based learning yang bervariasi disetiap siklus.
Kata Kunci : pertanyaan, pernyataan, problem based learning