Abstrak


Analisis Implementasi Sistem Manajemen Lingkungan (SML) di PT. Bukit Muria Jaya Kudus terkait pemenuhan kriteria ketaatan PROPER ABSTRAK


Oleh :
Rayhan Falah - R0016083 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN (SML) DI PT. BUKIT MURIA JAYA KUDUS TERKAIT PEMENUHAN KRITERIA KETAATAN PROPER
Rayhan Falah1, Seviana Rinawati, Yulia Sari
Latar Belakang :  Satu komitmen untuk menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan adalah dengan mematuhi jalannya program pemerintah yaitu PROPERO. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi SML di PT. Bukit Muria Jaya terkait pemenuhan kriteria ketaatan PROPER, yang meliputi Izin Lingkungan atau AMDAL/UKL-UPL, Pengendalian Pencemaran Air, Pengendalian Pencemaran Udara, dan Pengelolaan Limbah B3.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai implementasi SML yang telah dijalankan oleh PT. Bukit Muria Jaya Kudus sebagai upaya pemenuhan kriteria ketaatan PROPER. Data kemudian akan dianalisis menggunakan GAP Analysis Checklist sehingga didapatkan persentase pemenuhan kriteria ketaatan PROPER.
Hasil : PT. Bukit Muria Jaya Kudus telah mengimplementasikan kriteria ketaatan Izin Lingkungan, PPA, PPU, dan Pengelolaan Limbah B3. Berdasarkan GAP Analysis Checklist, didapatkan 9 kriteria taat dan 4 kriteria belum taat.
Simpulan : PT. Bukit Muria Jaya Kudus telah memenuhi sebagian kriteria ketaatan Izin Lingkungan, belum memenuhi kriteria ketaatan PPA, belum sepenuhnya memenuhi kriteria ketaatan PPU, dan telah memenuhi sebagian kriteria ketaatan Pengelolaan Limbah B3. Berdasarkan GAP Analysis Checklist, PT. Bukit Muria Jaya memperoleh persentasi pemenuhan kriteria ketaatan PROPER sebesar 69,23 ?n belum taat sebesar 30,77 %.


Kata Kunci : PROPER; IZIN LINGKUNGAN; PPA; PPU; PENGELOLAAN LIMBAH B3;