Abstrak


Potensi Rumah Anjungan Provinsi Aceh Sebagai Daya Tarik Pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah


Oleh :
Raudha Tamara Balqis - B3216045 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Rumah anjungan Provinsi Aceh merupakan salah satu destinasi tujuan wisata yang ada di Taman Mini Indonesia Indah. Rumah tersebut merupakan cara untuk mempromosikan serta melestarikan kebudayaan, kesenian, dan juga adat istiadat Provinsi Aceh. Rumah anjungan Aceh memiliki beberapa koleksi yang menjadikan rumah tersebut memiliki potensi wisata sehingga dapat mendatangkan wisatawan. Selain terdapat koleksi, rumah tersebut juga menyimpan sejarah yang besar bagi Republik Indonesia.
Penulisan laporan penelitian ini terdapat perumusan masalah diantaranya, bagaimanakah potensi kepariwisataan di rumah anjungan Provinsi Aceh, bagaimana pengelolaan dan pengembangan potensi yang ada di rumah anjungan Provinsi Aceh, kendala serta solusi apa yang dihadapi dalam pengembangan potensi di rumah anjungan Provinsi Aceh.
Metode yang digunakan didalam penulisan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif yaitu metode dengan menggambarkan objek yang diamati secara jelas dan terperinci. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penulisan laporan ini yaitu observasi lapangan secara langsung di Rumah anjungan Provinsi Aceh Taman Mini Indonesia Indah, wawancara serta studi pustaka sebagai tambahan informasi dan ilmu dari sumber yang berbeda.
Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Rumah anjungan Provinsi Aceh merupakan destinasi tujuan wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan ketika berlibur ke Taman Mini indonesia Indah. Pengelolaan yang ada di rumah anjungan tersebut sudah berkembang dan adanya fasilitas pendukung yang memadai. Selain pengunjung dapat melihat keunikan koleksi yang ada di rumah tersebut. Kini wisatawan yang datang dapat berbelanja kerajinan tangan seperti tas dan topi rajut dan juga menikmati makanan khas Aceh.