Abstrak


Pengaruh Terpaan Media, Motivasi & Personal Experience Mengenai Jokowi Dalam Akun Instagram @Kemenpupr Terhadap Persepsi Followers


Oleh :
Akbar Pradana Putra Sarinop - D0214005 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Salah satu indikator untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan suatu negara adalah melihat pembangunan pada negara tersebut. Bukan hanya tentang kemegahan ibukota tetapi juga pemerataan di setiap wilayahnya. Tugas berat yang harus diemban oleh para pemimpin negara tak terkecuali Presiden Joko Widodo, dengan membawa semangat program Nawacita Presiden Joko Widodo mencoba merealisasikan pembangunan tersebut dengan Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai pelaksana terbesar pada tugas berat tersebut, dan melaporkan setiap proses dan hasilnya menggunakan media yang mereka punya salah satunya Instagram. Selain itu penelitian ini menggunakan teori Stimulus Organism Response (SOR) dimana teori ini menjelaskan proses komunikasi yang dimulai dari pemberian  stimulus oleh komunikator berupa pesan yang diterima komunikan. Stimulus atau pesan yang disampaikan kepada komunikan dapat diterima atau ditolak. Bila diterima maka akan dilanjutkan dengan response.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Terpaan Media, motivasi dan personal experience yang diterima followers akun Instagram Kementerian PUPR terhadap persepsi mengenai kepemimpinan Presiden Jokowi. Penelitian ini merupakan penelitian  kuantitatif dengan metode regresi (pengaruh), teknik sampling yang digunakan adalah  quota sampling dimana pegambilan sampel berdasarkan suatu pertimbangan tertentu atau ciri-ciri yang diketahui dan sudah ditentukan sebelumnya. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner online dengan google form, dan dibagikan melalui direct message sosial media Instagram untuk mencari responden sebanyak 400 orang, dengan penentuan jumlah responden menggunakan rumus slovin dengan toleransi kesalahan sebesar 5%.  Data yang terkumpul melalui filterasi melalui uji validitas, uji reliabilitas selanjutnya menggunakan uji asumsi klasik dan uji regresi menggunakan program SPSS 17.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh Terpaan Media, motivasi mengikuti akun Instagram @kemenpupr dan personal experience menggunakan infrastruktur mempengaruhi persepsi mengenai Presiden Joko Widodo, setelah melalui berbagai uji ternyata pengaruh terpaan media, motivasi mengikuti akun Instagram @kemenpupr dan personal experience menggunakan infrastruktur PUPR ternyata mempengaruhi pandangan ataupun persepsi para followers mengenai persepsi terhadap Presiden Joko Widodo.