Abstrak


Peningkatan kemampuan mengelola emosi melalui metode hypnoteaching (penelitian tindakan kelas pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 41 Tegalharjo Surakarta tahun ajaran 2018/2019)


Oleh :
Novita Wahyuningsih - K8115044 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelola pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 41 Tegalharjo Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 melalui metode hypnoteaching. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dan dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 TK Aisyiyah 41 Tegalharjo Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 anak terdiri dari 12 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu anak, guru, dan aktivitas pembelajaran. Sumber data sekunder yaitu dokumen kependidikan, hasil penilaian anak, dokumen berupa nama anak, video, dan foto kegiatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan analisis model interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan mengelola emosi yaitu pada pratindakan sebanyak 9 anak dari 21 anak atau sebesar 42,86% mengalami ketuntasan. Siklus I meningkat menjadi 57,14% atau sebanyak 12 anak dari 21 anak tuntas. Siklus II terjadi peningkatan menjadi 66,67% atau sebanyak 14 anak dari 21 anak tuntas. Siklus III meningkat menjadi 81% atau sebanyak 17 anak dari 21 anak tuntas. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan keberhasilan anak memahami emosi yang ada pada dirinya, mengendalikan emosi marah yang ada pada dirinya, dan mengekspresikan emosi ketika diganggu temannya dengan tindakan fisik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode hypnoteaching dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi pada anak kelompok B2 TK Aisyiyah 41 Tegalharjo Surakarta.
Kata Kunci: kemampuan mengelola emosi, hypnoteaching, anak usia 5-6 tahun