Abstrak


Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Pendidikan Keuangan di Keluarga terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi


Oleh :
Nafisatul Muflikhati - K7615035 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh pengetahuan keuangan dan pendidikan keuangan di keluarga terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa pendidikan ekonomi, (2) pengaruh pendidikan keuangan terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa pendidikan ekkonomi, (3) pengaruh pendidikan keuangan di keluarga terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa pendidikan ekonomi.
Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2015 dan 2016 sebanyak  96 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data melalui kuesioner dan tes dengan teknik analisis data regresi berganda.
Hasil penelitian  ini adalah (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan keuangan dan pendidikan keuangan di keluarga terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa pendidikan ekonomi dibuktikan dengan dengan perolehan F hitung lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 75,609 > 3,094. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan keuangan terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa pendidikan ekonomi dibuktikan dengan perolehan t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu 3,570 > 1,986. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan keuangan di keluarga terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa pendidikan ekonomi dibuktikan dengan t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu  8,195 > 1,986.
Kata kunci: pengetahuan keuangan, pendidikan keuangan di keluarga, pengelolaan keuangan pribadi.