Abstrak


Pengaruh pengelolaan keuangan dan peran pendidikan keluarga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS


Oleh :
Ristya Cahyani - K7615044 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) Pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan keuangan dan peran pendidikan keluarga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS; (2) Pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan keuangan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS; (3) Pengaruh yang positif dan signifikan peran pendidikan keluarga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS angkatan 2015-2018 sejumlah 303 mahasiswa dan terdapat 76 mahasiswa yang ditetapkan menjadi sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportional stratified random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan angket / kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan keuangan dan peran pendidikan keluarga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 44,976 > 2,373. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan keuangan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 6,213 > 1,665. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan peran pendidikan keluarga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Hal ini ditunjukkan dengan t hitung > t tabel yaitu 3,864 > 1,665.
Kata kunci : pengelolaan keuangan, peran pendidikan keluarga, perilaku konsumsi