Abstrak


Analisis pengetahuan, persepsi, dan sikap tamu hotel terhadap penggunaan energi terbarukan di kota Surakarta


Oleh :
Yeny Rachmawati - K2515073 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini melakukan studi tentang pengetahuan, sikap, dan persepsi pengunjung hotel terhadap energi terbarukan terutama untuk akomodasi hotel di Kota Surakarta, Indonesia. Penelitian ini penting dilakukan untuk mendapatkan informasi yang valid dengan secara langsung melibatkan partisipasi masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan instrumen penelitian angket untuk memperoleh penjelasan luas melalui pengetahuan, persepsi, dan sikap pengunjung hotel terhadap penerapan energi baru terbarukan di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data statistik deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan cluster sampling dengan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel dari populasi dengan tingkat kesalahan 5%.
Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan pengunjung hotel berbintang tentang penerapan energi baru terbarukan di Kota Surakarta adalah 80%, tingkat persepsi pengunjung hotel sebesar 68%, dan tingkat pengunjung hotel dalam menyikapi penerapan energi baru terbarukan adalah 61%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pengetahuan, persepsi, dan sikap pengunjung hotel terhadap penerapan energi baru terbarukan dengan tingkat pendidikan dan kelas hotel berbintang. Sebaliknya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan, persepsi, dan sikap pengunjung hotel terhadap penerapan energi baru terbarukan dengan perbedaan usia dan jenis kelamin. Hasil penelitian ini dapat digunakan pihak hotel sebagai referensi penerapan energi baru terbarukan sesuai dengan data pengunjung hotel tersebut.

Kata Kunci : Energi baru terbarukan; Solar PV; Solar water thermal; Pengunjung hotel.