Abstrak


Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) Sebagai Upaya Peningkatan Hubungan Indonesia dengan Uni Eropa Tahun 2009-2019


Oleh :
Khalis Afif - D0413028 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Indonesia telah menjalin hubungan bilateral dengan Uni Eropa sejak Uni Eropa masih berbentuk European Economic Community. Namun, hubungan Indonesia dengan Uni Eropa mengalami status quo sebelum era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Padahal terdapat banyak potensi yang dapat dimaksimalkan dari hubungan Indonesia dengan Uni Eropa, terutama perdagangan. CEPA menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan peningkatan hubungan Indonesia dengan Uni Eropa.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya CEPA dalam meningkatkan hubungan Indonesia dengan Uni Eropa tahun 2009-2019. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan juga melakukan wawancara langsung dengan narasumber yang sesuai untuk menjelaskan topik dalam penelitian ini. Penelitian ini bertumpu pada paradigma liberalisme dengan dilengkapi konsep kerjasama dan interdepensi serta teori economic development strategies. Hasil penelitian ini akan menunjukan mekanisme dan upaya-upaya CEPA dalam peningkatan hubungan Indonesia dengan Uni Eropa dan  juga adanya pengaruh positif bagi Indonesia serta hubungan Indonesia dengan Uni Eropa.