Abstrak


Gambaran Penerapan Fatigue Management Program sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT Thiess Contractors Indonesia Sangatta Coal Mine Project Kalimantan Timur


Oleh :
Khamnani Akbarul Fikri - R0016053 - Fak. Kedokteran

Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui kecelakaan akibat kelelahan kerja di perusahaan dan manajemen pencegahan kecelakaan akibat kelelahan kerja.
Hasil: Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Fatigue Management Program di perusahaan telah dilaksanakan dengan baik, hanya saja terdapat beberapa program yang pelaksanaannya kurang maksimal. Akan tetapi setelah diterapkan Fatigue Management Program angka kecelakaan akibat kelelahan kerja pada tahun 2019 mengalami penurunan.
Simpulan: Perusahaan telah melakukan upaya pencegahan kecelakaan akibat kelelahan kerja dengan menerapkan Fatigue Management Program. Fatigue Management Program yang diterapkan telah sesuai dengan teori menurut Terry (2010), hanya saja terdapat beberapa program yang pelaksanaannya kurang maksimal dan belum sesuai dengan perencanaan.
Kata Kunci: Kelelahan Kerja, Manajemen Kelelahan Kerja