Abstrak


Penggunaan Aplikasi Media Visual dalam Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Pukulan Bulutangkis di PB All Star Karanganyar Tahun 2019


Oleh :
Riyan Tri Bantoro Putro - K5615065 - Fak. Keolahragaan

ABSTRAK

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi media visual dalam peningkatan keterampilan teknik dasar pukulan bulutangkis di PB All Star Karanganyar tahun 2019.
    Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen. Metode yang digunakan adalah one-group pretest-posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu, dimana kriteria yang digunakan adalah atlet di PB All Star Karanganyar, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 20 atlet. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data terdiri atas 5 (lima) item tes, tes servis pendek (short service ), servis panjang (long service), lob, smash, wall pass. Teknik analisis yang dilakukan adalah uji-t menggunakan SPSS 23.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan pada tes servis pendek (short service) menggunakan aplikasi media visual yakni sebesar 44.663% dibuktikan dengan nilai probabilitas uji statistik sebesar 0.000 < 0>Jadi, dari hasil penelitian tes keterampilan teknik dasar menggunakan aplikasi media visual pada atlet bulutangkis, bisa ditarik kesimpulan atlet mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga tes keterampilan teknik dasar menggunakan aplikasi media visual ini berpengaruh terhadap kemampuan keterampilan atlet bulutangkis PB All Star Karanganyar.

Kata kunci : Keterampilan Bulutangkis, Aplikasi Media Visual