Abstrak


Analisis Potensi dan Pengembangan Daya Tarik Wisata Pantai di Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap Tahun 2019


Oleh :
Ardanariswari Adinda Nastiti - K5415012 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) analisis potensi daya tarik wisata pantai  yang ada di Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. 2) analisis pengembangan  daya  tarik  wisata  pantai  di  Kecamatan  Adipala  Kabupaten Cilacap. 3) implementasi tema geografi pariwisata dalam pengembangan daya tarik wisata pantai di Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan semua daya tarik wisata pantai yang ada di Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap, pengelola daya tarik wisata pantai dan wisatawan daya tarik wisata pantai yang ada di Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dan accidental sampling. Pengumpulan data melalui obserbvasi lapangan, wawancara mendalam, dan analisis  dokumentasi.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah pengklasifikasian potensi sesuai dengan analisis 4A dan pengembangan daya tarik wisata menggunakan analisis SWOT.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) potensi daya tarik wisata pantai Sodong adalah sangat potensial, potensi daya tarik wisata pantai Bunton adalah potensial, potensi daya tarik wisata pantai Srandil adalah kurang potensial. 2) Arahan pengembangan daya tarik wisata pantai di Kecamatan Adipala adalah dengan penambahan atraksi pendamping, penambahan fasilitas, perbaikan jalan dan perbaikan sistem pengelola.

Kata kunci : daya tarik wisata, pantai, potensi, pengembangan