Abstrak


Pengaruh Model Problem Based Learning Dipadu Scaffolding Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Argumentasi pada Materi Perubahan Lingkungan


Oleh :
Dewi Rahmawati - K4315014 - Fak. KIP

ABSTRAK

Dewi Rahmawati K4315014. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIPADU SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN ARGUMENTASI PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2019.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dipadu scaffolding   terhadap kemampuan memecahkan masalah dan argumentasi siswa .
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental design). Populasi penelitian terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sample dengan cluster sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model PBL dipadu scaffolding  dan kelas X MIA 2 sebagai kelas Kontrol menggunakan model problem solving. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah dan argumentasi serta teknik non-tes dengan metode observasi untuk data pendukung dilatihkan kemamuan memecahkan masalah dan argumentasi. Analisis data menggunakan uji Manova untuk mengetahui adanya pengaruh PBL dipadu scaffolding dan uji korelasi regresi untuk mengetahui sejauh mana pengaruh PBL dipadu scaffolding pada setiap aspek kemampuan dengan taraf signifikasi 0,05 menggunakan SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig.< 0>

Kata  Kunci : problem based learning, scaffolding, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan argumentasi.