Abstrak


Perlindungan Hukum Bagi Kreditor Terhadap Perlawanan Debitor dalam Upaya Menghambat Pelaksanaan Eksekusi Hak Tanggungan di PT Bank Bukopin, Tbk Cabang Solo (Studi Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 65 K/Pdt/2017)


Oleh :
Danang Catur Wahyu Wijayanto - S351608008 - Pascasarjana

ABSTRAK

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penyelesaian kredit macet melalui eksekusi hak tanggungan di PT. Bank Bukopin, Tbk Cabang Solo dan untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum bagi kreditor terhadap perlawanan debitor dalam upaya menghambat eksekusi hak tanggungan.
Tesis ini menggunakan metode penelitian hukum empiris. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan hukum ini ada 2 (dua) yaitu pendekatan Undang-Undang dan pendekatan konseptual. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan bahwa: Penyelesaian kredit macet melalui Eksekusi Hak Tanggungan di PT Bank Bukopin, Tbk Cabang Solo menggunakan eksekusi Hak Tanggungan melalui Pengadilan Negeri sebagai upaya utama yang dipilih untuk menyelesaikan kredit macet. Eksekusi Hak Tanggungan melalui Pengadilan Negeri merupakan alternatif terakhir setelah upaya penjualan di bawah tangan atau penjualan atas kekuasaan sendiri (parate eksekusi) gagal dilakukan. Perlindungan hukum bagi kreditor terhadap perlawanan debitor dalam upaya menghambat eksekusi hak tanggungan (Studi Kasus Terhadap Putusan Mahkamah Agung Nomor : 65 K/Pdt/2017) lembaga peradilan telah memberikan perlindungan hukum kepada kreditor terkait adanya gugatan perlawanan yang diajukan oleh debitor dalam upaya menghambat pelaksanaan eksekusi hak tanggungan. Namun demikian perlindungan hukum tersebut baru memberikan kepastian hukum melalui peraturan perundang undangan maupun putusan lembaga peradilan, pihak kreditor belum mendapatkan perlindungan dalam hal proses penyelesaian sengketa yang cepat dan efektif sehingga hal ini menimbukan kerugian bagi pihak kreditor, keadaan ini yang dimanfaatkan oleh debitor sebagai upaya untuk menghambat ekesekusi Hak Tanggungan.

Kata kunci : Eksekusi Hak Tanggungan, Perlawanan Debitor, Perlindungan kreditor.