Abstrak


Penerapan Mobile Banking (Sms Banking) Berbasis Digital pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Solo Slamet Riyadi


Oleh :
Untari Widya Pangestika - F3216055 - Fak. Kedokteran

 

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. adalah salah satu badan usaha milik negara yang mengelola dalam bidang keuangan. Perkembangan bisnis di bidang keuangan sangat berkembang dengan pesat, perusahaan harus pandai menyusun strategi untuk dapat menghadapi pesaing. Bank Rakyat Indonesia (BRI) mempunyai inovasi yaitu mobile banking (SMS banking). Mobile banking (SMS banking) merupakan suatu produk perbankan dalam  bentuk fasilitas pelayanan perbankan non tunai yang dapat diakses oleh nasabah dengan bantuan smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan mobile banking (SMS banking) berbasis digitalpada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Solo Slamet Riyadi, selain itu untuk dapat mengetahui hal yang membuat nasabah menggunakan sebuah produk mobile banking (SMS banking) BRI.

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis pembahasan deskriptif. Data penelitian diperoleh dari observasi,wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dengan Bapak Andiria selaku Supervisor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Kleco Cabang Solo Slamet Riyadi dan nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Solo Slamet Riyadi. Sumber data sekunder diperoleh dari web, foto, buku, dan aplikasi BRI.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa penerapan mobile banking (SMS banking)Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Solo Slamet Riyadi dapat diterima oleh nasabah karena perusahaan selalu mengenalkan produk mobile banking (SMS banking) kepada nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Saran yang dapat diberikan kepada Bank Rakyat Indonesia (BRI) yaitu selalu menjaga keamanan dan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi non tunai menggunakan mobile banking (SMS banking) BRI, karena terdapat beberapa kasus penipuan kepada nasabah BRI menggunakan modus mobile banking (SMS banking).

Kata kunci : Bauran Pemasaran,Mobile banking (SMS banking) BRI,  Keputusan Pembelian