Abstrak


Penerapan Metode Penetapan Harga pada Hem Batik Tulis Sutra dan Hem Batik Cap Sutra pada Toko Batik Danar Hadi Surakarta


Oleh :
Wahyu Nanda Oktivani - F3616056 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini dilakukan di PT. Batik Danar Hadi Surakarta, salah satu perusahaan batik terkenal di Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penetapan harga yang digunakan PT. Batik Danar Hadi Surakarta serta penerapannya dalam menetapkan harga hem batik tulis sutra dan hem batik cap sutranya. 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian wawancara kepada karyawan PT. Batik Danar Hadi divisi merchandise seputar penetapan harga serta observasi pada perusahaan selama kegiatan kuliah magang kerja, yang kemudian di analisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh metode penetapan harga yang dapat diterapkan pada penetapan harga hem batik tulis sutra dan hem batik cap sutra. 
Penelitian ini dapat memberikan saran untuk dapat mempertahankan kualitas dari harga jual yang telah ditetapkan, agar tetap memberikan prestis kepada konsumen yang menggunakan merek Danar Hadi. 
Kata kunci : Penetapan Harga, Metode, Merek.