Abstrak


Dinamika Perkermbangan Industri Tahu di Desa Maduretno Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo Tahun 1980-2019


Oleh :
Umi Latifah - K5415057 - Fak. KIP

ABSTRAK


Tujuan skripsi ini adalah : (1)    Mengetahui dinamika perkembangan Industri tahu di Desa Maduretno Kecamatan Kalikajar Tahun 1980-2018. (2) Mengetahui faktor produksi yang mempengaruhi keberadaan industri tahu di Desa Maduretno Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. (3) Mengetahui karakteristik sosial-ekonomi rumah tangga pengusaha industri tahu di Desa Maduretno Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripstif kualitatif dengan desa sebagai satuan analisis. Populasi adalah industri tahu di Desa Maduretno, sejumlah 36 industri tahu. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi langsung dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan : (1) Industri tahu di Desa Maduretno sudah ada sejak tahun 1980. Selama periode 1980-2019 industri tahu mengalami peningkatan dari segi jumlah industri, jangkauan pemasaran dan kapasitas produksinya. Tahun 1980 jumlah industri hanya 6 unit dengan 1 daerah pemasaran dan kapasitas produksi hanya 2.5 ton/bulan kemudian pada tahun 2019 menjadi 36 unit dengan 8 daerah pemasaran dan kapasitas produksi lebih dari 200 ton/bulan.(2) Faktor yang sangat dominan mendukung keberadaan industri tahu adalah bahan baku, tenaga kerja dan pemasaran. Sedangkan faktor produksi yang menghambat adalah kesulitan dalam memperoleh modal, tenaga kerja yang sulit didapat, serta persediaan bahan bakar. (3) Karakteristik sosial-ekonomi pengusaha tahu di Desa Maduretno adalah sebagai berikut : (a) Jenis kelamin pengusaha tahu sebagian adalah laki-laki sebanyak 25 orang. (b) Umur pengusaha tahu paling banyak berumur 40-44 tahun (c) Pendidikan pengusaha tahu sebagian besar adalah tamatan SD (d) Sebagian besar pengusaha tahu berstatus kawin. (e) Pengusaha tahu kebanyakan memiliki beban tanggungan dengan jumlah 2-3 orang sebanyak 23 orang. (f) Lama usaha pengusaha tahu paling banyak selama 11-20 tahun. (g) Pendapatan pengusaha tahu sebagian besar lebih dari Rp 3.000.000,-


Kata kunci : perkembangan industri, industri tahu