Abstrak


Rancang Bangun Aplikasi Cari Tour Guide Berbasis Web dan Android


Oleh :
Anggit Nendyo Yogantoro - M3116075 - Fak. MIPA

Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk sementara waktu dari suatu tempat ke tempat lain dan bertujuan untuk bersenang senang dan menikmati objek wisata selama perjalanan. Selain sarana untuk memperkenalkan keunggulan dan keistimewaan objek wisata di suatu daerah, pariwisata juga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat. Indonesia merupakan negara yang kaya akan potensi pariwisatanya, mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner, budaya dan edukasi. Tour guide atau yang biasa disebut dengan pramuwisata atau pemandu wisata adalah orang yang menemani serta membimbing dan memberi info pada wisatawan lokal maupun manca negara yang tengah mengadakan kegiatan wisata.
Menurut hasil riset yang dilakukan penulis kepada tour guide yang bekerja di CET (Creative Enterpreneur Toure) Solo didapatkan data sebagai berikut, sebagian besar tour guide bekerja sebagai freelancer sehingga tour guide juga menerima pemesanan personal tour oleh wisatawan di luar kontrak dengan biro. Tour guide sangat dibutuhkan wisatawan yang kurang mengetahui objek wisata pada daerah yang dikunjungi. Menyadari pentingnya tour guide di sebuah daerah wisata, untuk saat ini wisatawan masih kesulitan untuk mencari tour guide yang terpercaya. Hal tersebut dikarenakan di Indonesia belum ada platform yang secara langsung menghubungkan antara wisatawan dengan tour guide pada suatu daerah wisata.
Dengan pemanfaatan teknologi website dan android, maka dapat diciptakan sebuah solusi berupa aplikasi Cari Tour Guide berbasis Web dan Android sehingga diharapkan dapat membantu wisatawan dalam mencari tour guide pada daerah wisata yang dikunjungi. Pembangunan aplikasi ini menggunakan metode Waterfall serta menggunakan sistem berbasis web yang didukung oleh Bahasa pemrograman PHP dan Framework Code Igniter serta sistem berbasis Android dengan Bahasa pemrograman Java.
Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi Cari Tour Guide berbasis Web dan Android. Web berfungsi untuk pendaftaran tour guide dan verifikasi akun tourguide oleh admin. Aplikasi android menangani dalam pendaftaran akun wisatawan, pencarian tour guide, dan proses pemesanan tour guide lokal pada daerah wisata.

Kata kunci : Pariwisata, Tour guide, Wisatawan, Web, Android