Abstrak


Asuhan Kebidanan Berkelanjutan pada Ny. I Umur 28 Tahun di Puskesmas Sangkrah Surakarta


Oleh :
Dwi Nur Sugianti - R0316024 - Fak. Kedokteran

Ruang Lingkup: Continuity of Care (COC) merupakan model asuhan kebidanan berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Perencanaan asuhan dilakukan mulai dari hamil hingga KB sesuai dengan standar asuhan kebidanan.
Pelaksanaan: Asuhan kebidanan berkelanjutan yang diberikan yaitu asuhan kehamilan dengan penanganan anemia. Persalinan secara Sectio Caesaria atas indikasi anemia ringan, ketuban pecah dini dan kala II lama, nifas dengan diberi penanganan anemia ringan, asuhan bayi baru lahir berlangsung normal dan asuhan KB ibu diberi konseling macam alat kontrasepsi.
Evaluasi: Asuhan kehamilan ibu hamil anemia berlangsung dengan baik, asuhan persalinan tertangani dengan baik melalui kolaborasi dengan dr. Sp. OG, asuhan masa nifas dengan anemia ringan tertangani dan BBL berlangsung normal, serta ibu memilih untuk menggunakan KB suntik 3 bulan.
Simpulan dan Saran: Asuhan kebidanan telah sesuai dengan kewenangan dan dapat mengatasi masalah, namun terdapat kesenjangan dalam asuhan IMD. Diharapkan instansi kesehatan dapat memfasilitasi pelaksanaan IMD, memberikan asuhan BBL sesuai standar asuhan kebidanan.
Kata Kunci: Ibu-bayi, asuhan kebidanan, berkelanjutan, Puskesmas Sangkrah.