Abstrak


Asuhan Kebidanan Terintegrasi pada Ny. S Umur 25 Tahun di Puskesmas Sangkrah Surakarta


Oleh :
Emilya Ika Sari - R0316027 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Asuhan kebidanan terintegrasi merupakan asuhan yang diberikan bidan  pada  klien  mulai  hamil,  bersalin,  nifas,  bayi  baru  lahir,  dan  keluarga berencana (KB) dalam upaya menjaga kesehatan ibu - bayi serta deteksi dini komplikasi penyulit. Diagnosa kebidanan didapatkan pada awal pengkajian adalah asuhan  kebidanan  ibu  hamil  normal  trimester  III  pada  Ny.  S  G2P 1A 0   umur kehamilan 32+5minggu dengan anemia ringan. Perlu asuhan kebidanan terintegrasi guna meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak
Pelaksanaan: Asuhan kebidanan ibu hamil pada Ny.S adalah penanganan anemia ringan, pemberian tablet besi dan nutrisi zat besi heme kunjungan 2 kali; persalinan normal kunjungan 1 kali; nifas normal kunjungan 3 kali, bayi baru lahir normal kunjungan 3 kali; KB dengan konseling Pil KB kunjungan 2 kali.
Evaluasi: Asuhan kebidanan terintegrasi pada Ny. S telah diberikan sesuai kewenangan bidan, didapatkan kondisi kehamilan dengan anemia ringan, persalinan berjalan normal, asuhan nifas dan bayi baru lahir berjalan normal, bayi diberikan ASI, BBL normal, KB menggunakan Pil KB Mini Pil.
Kesimpulan dan saran: Asuhan kebidanan yang diberikan pada masa kehamilan, bersalin, nifas, bayi baru lahir, dan KB tidak terdapat masalah.
Kata kunci: Asuhan Kebidanan, Terintegrasi, Puskesmas Sangkrah