Abstrak


Strategi promosi dalam event pesta akhir tahun De Tjolomadoe oleh sinergi event Surakarta


Oleh :
Kanina Anindita - B3216023 - Fak. Ilmu Budaya

Kanina Anindita,  B3216023.  2019.  “Strategi Promosi dalam Event Pesta Akhir Tahun De Tjolomadoe Oleh Sinergi Event Surakarta”. Program  Studi Diploma  III  Usaha  Perjalanan Wisata.  Fakultas Ilmu Budaya.  Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Strategi Promosi Dalam Event Pesta Akhir Tahun De Tjolomadoe Oleh Sinergi Event Surakarta.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi apa saja yang digunakan serta apa saja kendala dan solusi yang dilakukan oleh Sinergi Event Surakarta.
Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan Strategi Promosi Dalam Event Pesta Akhir Tahun De Tjolomadoe Oleh Sinergi Event Surakarta. Metode pengumpulan  data menggunakan observasi dan wawancara  Data  yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dalam penelitian ini adalah Pesta Akhir Tahun De Tjolomadoe merupakan event pertama yang dibuat oleh Sinergi Event dalam rangka ikut serta memeriahkan acara pergantian tahun. Dalam mempromosikannya Sinergi Event telah melakukan strategi promosi yang masuk dalam promotion mix. Namun tidak semua bauran promosi digunakan oleh Sinergi Event. Dalam promosinya, media sosial paling gencar dilakukan dikarenakan dianggap lebih efisien. Akun-akun instagram dan facebook Soloraya dianggap sudah dapat mencapai target pasar dari event Pesta Akhir Tahun De Tjolomadoe. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pesta Akhir Tahun De Tjolomadoe cukup berhasil dalam mempromosikan event yang baru digarapnya walau tidak memaksimalkan promotion mix. Kendala promosi dalam hal lain selain social media yaitu mahalnya pajak pemasangan banner di daerah Soloraya yang membuat promosi ini kurang diketahui sebagian kalangan. Tak hanya itu, dalam social media akun yang digunakan cakupannya kurang banyak terutama facebook dan website. Namun solusi yang didapatkanya itu pada event yang akan datang, Sinergi Event akan memaksimalkan Promotion Mix yang belum sempat dipakai. Kerjasama dengan berbagai media online akan lebih diperbanyak serta pemasangan banner diperluas dengan perhitungan biaya yang pas.
Kata kunci : Strategi, Promosi, event