Abstrak


Aplikasi Penentuan Peluang Usaha Kuliner Studi Kasus : Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri


Oleh :
Putri Ayu Wulandari - M3116054 - Fak. MIPA

Dalam perkembangan teknologi masyarakat semakin banyak yang memanfaatkan produk dari pengembangan teknologi untuk mempermudah aktivitas mereka sehari-hari. Namun untuk menentukan peluang ketika akan membuka suatu usaha kuliner, masyarakat biasanya memilih dengan perkiraan mereka masing-masing tanpa menggunakan sistem yang mampu membantu masyarakat untuk menentukan sebuah peluang usaha, termasuk masyarakat di Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.
Dalam situasi tersebut dapat dikembangkan suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK), yaitu proses pengambilan keputusan dibantu menggunakan komputer untuk membantu pengambil keputusan dengan menggunakan beberapa data dan model tertentu untuk menyelesaikan beberapa masalah yang tidak terstruktur. Metode perhitungan yang digunakan yaitu Simple Additive Weighting (SAW)dengankonsepdasarmencaripenjumlahanterbobotdariratingkinerjapada setiap alternatif pada suatukriteria.
Fitur yang dapat digunakan yaitu menyimpan data-data master seperti data alternatif, data kriteria, dan data atribut serta menghasilkan daftar urutan rekomendasi untuk jenis usaha kuliner dan lokasi usaha kuliner di Kecamatan Purwantoro. Sistem ini yang diharapkan sebagai sarana untuk membantu masyarakat saat pengambilan keputusan untuk memilih usaha kuliner dan lokasi usaha kuliner di Kecamatan Purwantoro.
Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Peluang Usaha Kuliner, Pemilihan Lokasi Usaha