Abstrak


Analisis strategi komunikasi pemasaran pariwisata (penelitian pada proyek wisata umbul ponggok di Kabupaten Klaten)


Oleh :
Atik Nurfatmawati - S230908003 - Pascasarjana

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran pariwisata Obyek wisata Umbul Ponggok di Kabupaten Klaten. Selain itu penelitian ini juga ingin mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi obyek wisata Umbul Ponggok.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori media dari Marshal McLuhan dan Teori Logika Penyusunan Pesan dari Barbara O’Keefe. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari informan dan kondisi nyata di lapangan. Selain data primer juga digunakan data sekunder yang terdiri dari studi literatur dan referensi.
Hasil dari penelitian ini menggunakan analisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi menunjukkan bahwa kekuatan terletak dari segi produk, yaitu air tawar jernih yang menampilkan foto underwater mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, salah satu kelemahan yang dimiliki adalah dari sisi sumber daya manusia yang sudah puas dengan kondisi saat ini sedangkan dari sisi ancaman adalah munculnya pesaing baru di sekitar obyek wisata yang juga menawarkan foto underwater.
Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar referensi penelitian selanjutnya di obyek wisata Umbul Ponggok. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam upaya mengimplementasikan program strategi komunikasi pemasaran sekaligus mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman di obyek wisata Umbul Ponggok
Kata kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Analisis SWOT