Abstrak


Hubungan keharmonisan keluarga dengan derajat fobia sosial pada mahasiswa pendidikan dokter UNS


Oleh :
Muhammad Fiarry Fikaris - G0013145 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Saat ini terdapat fenomena berupa banyaknya kejadian ketidakharmonisan rumah tangga dengan naiknya tingkat perceraian dan maraknya kasus KDRT serta perselingkuhan. Ketidakharmonisan keluarga dapat bermanifestasi sebagai gangguan kejiwaan pada anak, salah satunya fobia sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keharmonisan keluarga dengan derajat fobia sosial pada Mahasiswa Pendidikan Dokter UNS.
Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan potong lintang. Obyek penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Dokter UNS sejumlah 180 orang. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2016. Data diambil dengan instrumen PBI dan LSAS. Variabel bebas dari penelitian ini adalah keharmonisan keluarga, sedangkan variabel terikatnya adalah derajat fobia sosial. Data diuji dengan  uji korelasi Spearman-Rank
Hasil: Uji korelasi Spearman-Rank menunjukkan hasil Sig. sebesar 0.000 dan koefisien korelasi sebesar – 0.493
Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara keharmonisan keluarga dengan derajat fobia sosial pada Mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Sebelas Maret. Semakin rendah keharmonisan keluarga, semakin tinggi derajat fobia sosial.

Kata kunci : Keharmonisan keluarga, psikiatri, fobia sosial, mahasiswa UNS