Abstrak


Analisis jender dan nilai pendidikan dalam cerkak terbitan panjebar semangat edisi maret – april 2016 serta relevansinya dalam pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas


Oleh :
Eka Dwi Indrayati - K4212027 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perspektif jender yang tercermin pada cerkak terbitan majalah Panjebar Semangat edisi Maret – April 2016; (2) nilai pendidikan yang tertuang pada cerkak terbitan majalah Panjebar Semangat edisi Maret – April 2016; (3) relevansi Perspektif jender dan nilai pendidikancerkak terbitan majalah Panjebar Semangat edisi Maret – April 2016 dalam pembelajaran sastra diSekolah Menengah Atas.
Pendekatan penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menggunakan pendekatan feminisme. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis CDA.
Simpulan penelitian ini adalah: (1) perspektif jender yang tercermin pada cerkak terbitan majalah Panjebar Semangat edisi Maret – April 2016 berupa kesetaraan jender dan ketidakadilan jender. Kesetaraan jender meliputi kemitrasejajaran dalam keluarga; kemitrasejajaran dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; dan kodrat wanita, sedangkan ketidakadilan jender meliputi subordinasi, stereotipe, kekerasan serta beban kerja; (2) nilai pendidikan meliputi nilai keagamaan, nilai kesusilaan, nilai kesosialan, dan nilai kultural (3); cerkak terbitan majalah Panjebar Semangat edisi Maret – April 2016 mengandung nilai pendidikan dan beresponsif jender, sesuai dengan kriteria bahan ajar SMA/SMK/MA yang ditinjau dari aspek gender. Maka, cerkak tersebut dapat dijadikan sebagai pembelajaran sastra Jawa di SMA. Relevansi perspektif jender dan nilai pendidikan cerkak Panjebar Semangat edisi Maret – April 2016 dalam pembelajaran cerkak di SMA tersebut mengacu pada silabus mata pelajaran bahasa Jawa untuk SMA/SMK/MA.

Kata Kunci: jender, nilai pendidikan, pembelajaran sastra Jawa.