Abstrak


Efektivitas Terapi Bermain untuk Meminimalisasi Perilaku Hiperaktif Anak Tunagrahita Ringan Kelas I di SLB C Setya Darma Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019


Oleh :
Fauzia Nur Afifah - K5115023 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi bermain untuk meminimalisasi perilaku hiperaktif pada anak tunagrahita ringan kelas I di SLB C Setya Darma Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pemberian inervensi dengan subjek tunggal (Single Subject Research). Desain penelitian ini adalah A-B-A, pada desain ini langkah pertama adalah pengukuran baseline tahap pertama kemudian diberikan intervensi setelah itu pengukuran baseline tahap kedua dilakukan. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa tunagrahita ringan kelas I yang memiliki perilaku hiperaktif di SLB C Setya Darma Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan analisis visual grafik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan perilaku hiperaktif yang ditunjukkan pada tahap pengukuran baseline pertama rata-rata frekuensi perilaku hiperaktif siswa 34 kali dengan durasi 20 menit selama 30 menit pelajaran. Kemudian pada tahap intervensi rata-rata frekuensi perilaku hiperaktif menurun menjadi 28,5 dengan durasi 15 menit selama 30 menit pelajaran. Sedangkan pada tahap pengukuran baseline kedua rata-rata frekuensi perilaku hiperaktif siswa 18,75 dengan durasi 10 menit selama 30 menit pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terapi bermain efektif untuk meminimalisasi perilaku hiperaktif anak tunagrahita ringan kelas I di SLB C Setya Darma Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Terapi Bermain, Perilaku Hiperaktif, Siswa Tunagrahita Ringan