Abstrak


Pemanfaatan sistem informasi geografis untuk pemetaan pohon di kampus Universitas Sebelas Maret tahun 2016


Oleh :
Wildhan Dayu Hardhoni - K5412080 - Fak. KIP

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  1)  jenis  pohon  yang ada di wilayah Kampus Universitas Sebelas Maret Kentingan tahun 2016, 2) mengetahui kerapatan relatif pohon antar zona yang ada di wilayah Kampus Universitas Sebelas Maret Kentingan tahun 2016, 3) mengetahui persebaran pohon yang ada di wilayah Kampus Universitas Sebelas Maret Kentingan tahun 2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah   metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dengan metode survei yang dianalisis menggunakan pendekatan spasial/keruangan. Data penelitian berasal dari data primer dan sekunder dengan teknik pengambilan data melalui observasi dan analisis data sekunder. Untuk mengetahui kerapatan antar jenis pohon menggunakan rumus penentuan kerapatan relatif, dan pembuatan peta persebaran pohon menggunakan ArcGIS 10.1.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat 8 spesies pohon dan berjumlah 1.024 pohon yang ada di wilayah kampus Universitas Sebelas Maret Kentingan  pada  tahun  2016,  2)  jenis  pohon  yang  memiliki  kerapatan  relatif terbesar ialah Pohon  Angsana  yang tumbuh  di  Zona  B,  3)  persebaran  pohon secara garis besar sudah merata kecuali pada Zona F.

Kata Kunci : Pohon, Kerapatan Relatif , Persebaran Pohon