Abstrak


Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan numbered heads together dalam pembelajaran fisika pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 5 Surakarta


Oleh :
Isti Komariah - K2311038 - Fak. KIP

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Fisika lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa Kelas X MIA SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 5 Surakarta. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 3. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desain rancangan kelompok kontrol postest. Teknik pengumpulan data untuk kemampuan kognitif Fisika siswa menggunakan teknik tes. Uji independent sample t-test satu ekor kanan dipilih untuk teknik analisis data pada penelitian ini, karena kedua sampel tidak saling mempengaruhi.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajan Fisika lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada materi Vektor di Kelas X MIA SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.

Kata Kunci: efektivitas, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together